Official YoutubeLDII TV Kota KediriSubscribe
May 20, 2024
Berita Terkini Provinsi

Bertemu Lagi, Muhammadiyah dan LDII Jatim Makan Durian Bareng di Wonosalam

  • March 2, 2023
  • 3 min read
[addtoany]
Bertemu Lagi, Muhammadiyah dan LDII Jatim Makan Durian Bareng di Wonosalam

Jombang (2/3). Pengurus DPW LDII Jawa Timur menerima kunjungan PW Muhammadiyah Jawa Timur di Bumi Perkemahan Cinta Alam Indonesia (CAI) Kosambiwojo, Wonosalam, Jombang, Rabu (1/3). Dalam silaturahim itu mereka berkesempatan menikmati durian khas Wonosalam.

Ketua DPW LDII Jawa Timur KH Moch Amrodji Konawi mengatakan silaturahim PW Muhammadiyah Jatim merupakan kunjungan balasan. Februari lalu, Jajaran DPW LDII Jawa Timur bersilaturahim ke Kantor PW Muhammadiyah.

“Kehadiran saudara kami dari Muhammadiyah Jawa Timur merupakan wujud dari memperkuat silaturahim, memperkuat ukhuwah Islamiyah, baik kami yang ada di LDII maupun yang ada di Muhammadiyah Jawa Timur,” ujar Amrodji.

Ia juga mengungkapkan pada silaturahim tersebut yaitu, sekaligus mematangkan kolaborasi program khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. “Kita ketahui bahwa muhammadiyah banyak memiliki yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan. Kami ingin belajar teknik dan manajemennya, sehingga kita bersama-sama bermanfaat untuk umat,” terangnya.

Bertemu Lagi, LDII dan Muhammadiyah Jatim Makan Durian Bareng di Wonosalam
Bertemu Lagi, LDII dan Muhammadiyah Jatim Makan Durian Bareng di Wonosalam

Amrodji mengatakan Pertemuan di Bumi Perkemahan CAI itu dikemas menjadi Silaturahim KenDuren Bareng PW Muhammadiyah dan DPW LDII Jawa Timur. Dengan tema Mempererat Ukhuwah, Bersama Membangun Bangsa.

“Silaturahim seperti ini bisa lebih akrab dan gayeng, sehingga dapat mempererat ukhuwah untuk bersama-sama membangun bangsa,” ujar Amrodji.

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur KH Sukadiono memgatakan, silaturahim tersebut merupakan simbolis kebahagiaan. Ditandai dengan suasana yang santai dan akrab sambil makan durian maupun menu-menu yang sudah disajikan oleh LDII.

Menanggapi kolaborasi program, Sukadiono siap bersinergi dengan LDII Jawa Timur. Akan dimulai dengan bakti sosial seperti pemeriksaan kesehatan gratis dan sunatan massal. Selain itu, akan dilakukan kolaborasi di bidang kebencanaan. “Seperti yang dilakukan tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Rescue untuk mitigasi bencana. Nanti tinggal temen-temen di Biro LDII dan Majelis Muhammadiyah bisa menindaklanjuti,” jelasnya.

Sekretaris DPD LDII Jombang Totok Raharjo selaku tuan rumah dalam kesempatan tersebut menceritakan singkat tentang Bumi Perkemahan CAI Kosambiwojo. “Kosambiwojo diambil kata dari Dusun Kombo, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang,” ungkapnya.

Totok menambahkan, pada saat itu, Bumi Perkemahan CAI Kosambiwojo yang dibangun sejak 1987, merupakan pemberian nama dari Kepala Kantor Sosial Politik (sekarang Bakesbangpol) Kabupaten Jombang  Letkol Muhammad Arif.

“Filosofinya, Kosambi adalah nama sejenis pohon, yang kita tahu Kosambi adalah pohon yang besar dan rindang yang bisa menaungi siapa saja yang ada di bawahnya. Wojo ini adalah baja yang sangat kuat,” terang Totok, yang juga menjadi Humas Ponpes Gadingmangu, Jombang.

Bumi Perkemahan CAI dipakai sebagai tempat pembinaan pembinaan generasi LDII khususnya para santri Ponpes Gadingmangu, Jombang, pada akhir tahun ajaran pondok pesantren. Bumi berkemahan itu bisa menampung 1.500 hingga 2.000 peserta camping.

Silaturahim tersebut juga dihadiri perwakilan Wanita LDII Jatim, Pemuda LDII Jatim, PW ‘Aisyiyah Jatim, PD Muhammadiyah Jombang, PD ‘Aisyiyah Jombang, dan DPD LDII Jombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *