Official YoutubeLDII TV Kota KediriSubscribe
April 17, 2024
Berita Terkini Daerah Pesantren

Hadapi Pemilu 2024, Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Hadiri Seminar Nasional FKUB

  • September 2, 2023
  • 3 min read
[addtoany]
Hadapi Pemilu 2024, Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Hadiri Seminar Nasional FKUB

Kediri (29/8). Ponpes Wali Barokah Ikuti Kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kediri, yang menggelar acara Seminar Nasional dengan tema “Meningkatkan Moderasi Beragama dalam Menyongsong Pesta Demokrasi Tahun 2024”, yang digelar Selasa pagi (29/8).

Kegiatan yang digelar di Hotel Lotus Garden tersebut tidak hanya dari kalangan pejabat semata yang diundang, melainkan juga akademisi atau perguruan tinggi, Ormas Islam NU, Muhammadiyah, LDII, Pondok Pesantren, Perbankan, Organisasi Kepemudaan, MUI, pimpinan partai politik, KPU serta Bawaslu.

Seminar tersebut membahas keamanan dan kerukunan di tahun politik pada 2024 mendatang. Tahun 2024 dipandang sebagai tahun yang mungkin situasinya sedikit berbeda dengan tahun 2023 ini. Maka dalam menyongsong tahun politik, FKUB Kota Kediri mengundang semua komponen kekuatan sosial politik yang berada di wilayah Kota Kediri untuk menyebarkan pesan damai.

Ketua FKUB Kota Kediri Drs. H. MOCHAMMAD SALIM, M.Pd. harapannya pada tahun depan Kota Kediri tetap menjadi kota yang aman, damai, dan kondusif. Tidak lupa ia juga titip pesan kepada para peserta pemilu partai politik agar tetap guyub rukun bersatu padu agar mendapat Rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. “Dengan memperbanyak silaturahmi antar umat beragama, masyarakat dan pemerintahan, maka kehidupan politik akan lebih baik,” kata Moh. Salim.

Sementara itu, Kapolres Kediri Kota AKBP TEDDY CANDRA mengatakan, dalam menyongsong pesta demokrasi di tahun 2024, tentunya akan menjadi langkah atau upaya preventif yang bisa memberikan edukasi terkait pelaksanaan ke depan. Sehingga tentunya jika melihat dari segi kepolisian, pihaknya harus tetap menjaga dan merawat keamanan yang sudah kondusif di wilayah hukum kerja.

“Polres Kediri Kota akan menggelar operasi khusus seperti pelajaran-pelajaran pesta demokrasi. Selain itu, Polres Kediri Kota juga melakukan upaya-upaya untuk tetap menjaga kerukunan masyarakat dan keamanan wilayah,” kata AKBP Teddy Chandra.

Hadapi Pemilu 2024, Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Hadiri Seminar Nasional FKUB

Seminar Nasional FKUB Kota Kediri menghadirkan pemateri dari Direktur Riset SETARA Institute Dr. Ismail Hasani. Ia merupakan dosen hukum tata negara Fakultas Hukum dan Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. SETARA Institute adalah lembaga yang melakukan penelitian tentang Indeks Kota Toleran (IKT) di Indonesia sejak 2015 hingga kini. Dimana pada tahun 2022 lalu Kota Kediri berada di peringkat 5 dengan nilai 5,850.

Sementara itu ketua DPRD Kota Kediri Gus Sunoto mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh FKUB ini. Menurutnya kegiatan seperti ini bisa dikatakan sebagai ajang silahturahmi dengan melibatkan seluruh komponen masyrakat untuk menyosong Pemilu 2024.

“Biar nanti keadaan menjadi aman terkendali semuanya menjadi tentram sehingga sukses. Kalau di Kota Kediri ini keberagaman agamanya sudah terjalin dengan baik, saling mengisi dan saling mem-back up dengan baik,” puji pria nyentrik ini.

Beberapa pejabat anggota Forkopimda dan tokoh agama Kota Kediri terlihat juga ikut menghadiri acara seminar tersebut. Di antaranya Asisten Adminitrasi Umum Pemkot Kediri Tanto Wijohari, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Kediri Bagus Hermawan, Pasiops Kodim 0809/Kediri Kapten Arh Darto, Kepala Kemenag Kota Kediri Moh. Qoyyim, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Kediri Boma Wira Gumilar, Pengasuh Ponpes Wali Barokah KH.Sunarto, Ketua DPD LDII Kota Kediri H.Agung Riyanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *