Official YoutubeLDII TV Kota KediriSubscribe
July 17, 2024
Berita Terkini Daerah

Kompak, Pengurus Tiga Ormas Silaturahim ke Dandim 0809 Kediri

  • March 7, 2023
  • 3 min read
[addtoany]
Kompak, Pengurus Tiga Ormas Silaturahim ke Dandim 0809 Kediri

Kediri (7/3). Tiga Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), yakni LDII, Senkom, Persinas Asad Kota Kediri silaturahim ke Markas Komando Kodim 0809 Kediri. Rombongan tersebut diterima langsung oleh Komandan Kodim 0809, Letkol Aris Setyawan pada Selasa (7/3).

Dalam sambutannya, Letkol Aris menyambut dengan baik dan memberikan apresiasi atas kunjungan silaturahim ini. Ia mengenalkan profil dirinya sebelum bertugas di Kediri. “Alhamdulillah, senbelum di Kediri, saya bertugas di Aceh dan saya merupakan salah satu saksi sejarah tsunami yang terjadi kala itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan fungsi dari Komando Distrik Militer (Kodim) yang sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. “Kodim itu kewilayahan teritorial dalam hal pengamanan, fungsinya untuk menyiapkan ketahanan pangan dan pertanahan, yang berfungi sebagai komponen cadangan,” jelasnya.

“Ormas sebagai stakeholder, termasuk LDII, Senkom dan Persinas Asad, kami harapkan bisa membantu saling menjaga stabilitas keamanan dan gotong royong ketika ada bencana, terutama di wilayah Kediri,” pungkasnya.

Selaras dengan itu, Ketua LDII Kota Kediri, H. Agung Riyanto merespon baik harapan dari Dandim. “Kami sebagai ormas siap untuk membantu jajaran Forkopimda, termasuk Kodim dalam hal menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa LDII telah mencanangkan delapan program pengabdian untuk bangsa, yang menjadi program-program andalan LDII. Delapan program itu diantaranya yaitu kebangsaan, keagamaan, ekonomi, pendidikan, pangan & lingkungan hidup, kesehatan alami LDII, teknologi digital dan energi baru terbarukan.

“Maka program yang cocok antara LDII dan Kodim adalah di Bidang Kebangsaan. Urusan kebangsaan menempati urutan nomor satu pada delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa, apabila urusan kebangsaan dan keamanan terganggu, maka urusan ibadah juga akan terganggu, sehingga kebangsaan menjadi prioritas utama,” jelasnya.

Agung memaparkan teritorial LDII di Kota Kediri itu ada 3 Pimpinan Cabang (PC) dan 25 Pimpinan Anak Cabang (PAC). “Apabila di Kota Kediri terdapat berita negatif tentang LDII, mohon diklarifikasikan kepada kami. Isu masjid dipel pun masih muncul di permukaan, padahal kejadian itu belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Kompak, Pengurus Tiga Ormas Silaturahim ke Dandim 0809 Kediri
Kompak, Pengurus Tiga Ormas Silaturahim ke Dandim 0809 Kediri

“Maka kerja sama LDII dan Kodim yang baik selama ini semoga semakin terjalin dengan baik, dan harapannya lebih meningkat. Jangan sampai hanya ada isu negatif yang belum jelas sumbernya mengarah ke LDII, membuat hubungan menjadi canggung,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Ketua Senkom Kota Kediri, H.Abdul Aziz menyatakan siap untuk membantu Kodim dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketahanan di Kota Kediri. “Itu sudah merupakan tugas pokok dan fungsi Senkom Mitra Polri,” ujarnya.

Ia menyampaikan tujuan silaturahim guna mengundang Komandan Kodim 0809 untuk ikut hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Senkom Mitra Polri Kota Kediri 2023-2028. “Pelaksanaan di tanggal 8 Maret 2023, mohon berkenan hadir dalam acara tersebut,” ujarnya.

Ketua Persinas Asad Kota Kediri, Levi menjelaskan terkait prestasi pencak silat yang telah diraih oleh Persinas Asad di Kota Kediri dan juga menyatakan kesiapan membantu membina masyarakat melalui pencak silat. “Disamping kemampuan dalam silat bela diri dan seni, kami juga membekali mereka dengan akhlakul karimah. Sehingga harapannya tidak ada tawuran, semua aliran pencak silat dianggap sebagai saudara,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *