Official YoutubeLDII TV Kota KediriSubscribe
April 17, 2024
Berita Terkini Teknologi

Kualitas Semaian Benih Meningkat Menggunakan Teknologi Soil Block

  • December 20, 2022
  • 2 min read
[addtoany]
Kualitas Semaian Benih Meningkat Menggunakan Teknologi Soil Block

Penggunaan benih cabai bekualitas merupakan salah satu faktor untuk menunjang keberhasilan budidaya cabai, sekarang ini benih cabai berkualitas sudah banyak ada di toko pertanian di sekitar daerah kita.

Namun, agar menunjang keberhasilan budidaya, selain benih yang bagus tentunya juga perlu teknik penyemaian yang baik dan benar, agar mendapatkan tanaman yang baik. Sehingga ketika dipindah tempat, benih tidak stres dan dapat tumbuh dengan optimal, disamping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu, dapat memperoleh keseragaman tanaman dan tanaman dapat tumbuh dengan seragam

Solusi penyemaian yang mudah yaitu menggunakan soil block. Soil block adalah alat semai yang terbukti ramah lingkungkan, karena memanfaatkan limbah organik yang berguna tanpa harus merusak lingkungan. Soil block saat ini dekmbangkan oleh Eka Mardiyono yang merupakan pelaku usaha soil block di jawa tengah.

Kualitas Semaian Benih Meningkat Menggunakan Teknologi Soil Block
Kualitas Semaian Benih Meningkat Menggunakan Teknologi Soil Block

Dikutip dari pangannews, saat mengenalkan alat soil block ini, Eka menjelaskan bahwa bahan yang digunakan merupakan dari limbah organik, bahan bahan seperti pupuk kandang, fosfat alam, kapur dolomit, cocopet dan gambut merupakan bahan baku dari soil block.

Alat soil block juga digadang gadang meningkatkan efisiensi biaya tenaga kerja untuk penyemaian benih. Yang biasanya tenaga kerja dalam 1 hari dapat mencetak 1000 polybag, namun dengan soil block dalam sehari dapat memperoleh 20.000 hinggal 30.000 media semai. Karena soil block tidak menggunakan polybag maupun plastik tray, tentu juga menghemat dari segi anggaran juga.

Perawatan dengan soil block juga lebih mudah karena cukup disiram merata dengan metode sebar dan sprayer tanpa harus takut air tertinggal di plastik. Hal tersebut juga berlaku juga saat memberi pupuk, karena soil block sifatnya menyerap, maka pupuk juga tidak akan jatuh ke bawah namun akan meresap ke dalam soil block

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *