Official YoutubeLDII TV Kota KediriSubscribe
May 19, 2024
Berita Terkini Psikologi

Lakukan Beberapa Hal ini! Untuk Atasi Kepribadian Yang Introvert

  • December 23, 2022
  • 2 min read
[addtoany]
Lakukan Beberapa Hal ini! Untuk Atasi Kepribadian Yang Introvert

Lakukan Beberapa Hal ini! Untuk Atasi Kepribadian Yang Introvert Introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus pada perasaan dan pikiran yang datang dari dalam diri sendiri. Ada kepercayaan yang berkembang di masyarakat bahwa seorang introvert adalah orang yang tidak menyukai hubungan sosial dengan orang lain. Padahal anggapan ini tidak selalu benar.

Ini karena introvert cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir sebelum berbicara, juga lebih memilih apa yang harus diungkapkan kepada orang lain.

Jika kita memiliki kepribadian introvert, jangan malu atau tertutup. Yang terbaik adalah membangun sesuatu keadaan positif. Salah satu cara menarik perhatian introvert adalah dengan membangun atau mengembangkan hal-hal positif, seperti menulis tentang hal-hal menarik yang tidak membosankan.

Lakukan Beberapa Hal ini! Untuk Atasi Kepribadian Yang Introvert
Lakukan Beberapa Hal ini! Untuk Atasi Kepribadian Yang Introvert

Ada beberapa cara untuk menghadapi serta mengatasi introvert itu sendiri, adalah sebagai berikut :

1. Lakukan interaksi sederhana.
Lakukan interaksi sederhana dengan menyapa orang dengan ekspresi percaya diri dan ramah dan Upayakan melakukan obrolan kecil dengan beberapa orang.

2. Belajar berbicara di depan umum atau Latihan public speaking.
Berlatih berbicara di depan umum akan membuat kita lebih percaya diri dan mampu berbicara di depan banyak orang. Kebiasaan seperti itu membuat kita menjadi orang yang percaya diri. Ini juga merupakan saluran energi yang sangat efektif untuk seorang introvert.

3. Perdalam minat yang ada.
Cobalah untuk mempelajari mata pelajaran yang benar-benar akan menjadikan kita ahli dalam bidang tersebut sehingga kita dapat merasa lebih percaya diri dengan kelebihan itu, dan diri kita benar benar menguasainya sendiri.

4. Nikmati kesendirian.
Seperti yang diketahui banyak orang, introvert lebih suka menikmati waktu sendirian. Tidak ada salahnya menikmati waktu sendiri untuk menyegarkan diri dari ketaatan agar tidak terlalu merasa stres.

5. Tulis hal-hal yang menarik.
Tulis hal-hal menarik yang akan membuat orang lain tertarik dengan apa yang kita tulis. Kita tidak perlu mengatakan pada diri sendiri apapun yang membangun komunikasi dengan banyak orang melalui teks yang kita tulis. Ini juga termasuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan sosial.

Dalam beberapa hal atau topik, ekstrovert lebih disukai daripada introvert. Dipercaya secara luas bahwa kesehatan mental dan kehidupan introvert lebih buruk daripada ekstrovert. Namun semua ini tidaklah benar.

Seorang introvert dapat mengembangkan kepribadiannya dan menjadi bahagia. Hanya saja, kebahagiaan versi introvert bisa berbeda bentuknya dengan kebahagiaan versi ekstrovert. Oleh karena itu, orang yang berkepribadian introvert tidak boleh merasa rendah diri dan membandingkan dirinya dengan orang lain dan opini publik.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *