LDII Jambi Adakan Keakraban Pemuda

Kegiatan 'Keakraban Muda-mudi' DPD LDII Jambi, Kamis (11/3/2021)
Kegiatan ‘Keakraban Muda-mudi’ DPD LDII Jambi, Kamis (11/3/2021)

KOTA JAMBI, LINES.id – Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pasti membutuhkan bantuan dari orang lain. Ketika sedang mendapatkan masalah kita pasti membutuhkan orang lain untuk tempat kita bercerita seperti keluarga ataupun teman.

Pada hari Kamis (11/3/2021) sekira pukul 08.00 wib Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Jambi H Sukarno SIP melalui Ketua Pimpinan Cabang (PC) LDII Kecamatan Telanaipura Jamal Suparman dan Ketua PC LDII Kecamatan Jambi Selatan Ferri Widodo melaksanakan kegiatan ‘Keakraban Muda-Mudi’ di halaman Masjid Al Mansyurin Jl. Sepati Purbo RT 16 Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Selaku Ketua Panitia, Rudi Juan Prayoga mengatakan acara keakraban muda-mudi ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat tali silaturahmi, rasa kebersamaan dan sikap kekeluargaan.

“Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, rasa kebersamaan dan sikap kekeluargaan serta menanamkan sifat kepedulian kepada sesama,” jelasnya.

Keakraban Muda Mudi LDII Jambi diisi pula dengan kegiatan bakar-bakar ayam.
Keakraban Muda Mudi LDII Jambi diisi pula dengan kegiatan bakar-bakar ayam.

Ia juga menjelaskan bahwa acara keakraban muda-mudi sangat penting untuk menghindari pacaran sebelum proses pernikahan. Dengan acara keakraban ini harapan kita muda-mudi bisa saling mengenal dan akan melanjutkan ke proses ta’aruf.

“Harapan kami dengan acara keakraban ini ada yang melanjutkan ke jenjang ta’aruf. Karena ta’aruf sebagai proses pengenalan yang difasilitasi oleh perantara yang mengenal masing-masing calon menjadi pilihan bagi pasangan muslim untuk menuju pernikahan dengan berlandaskan pada syariat Islam,” tambahnya.
Pentingnya Ta’aruf

Sementara itu, Ustaz H Mustofa Widianto dalam ceramahnya, menerangkan bahwa ta’aruf sangat dianjurkan dalam Islam, ketimbang seorang pria dan wanita menjalin pacaran sebelum ke pelaminan. Sebab jika pacaran dikhawatirkan pria dan wanita yang bukan muhrim melakukan perzinahan.

“Untuk menuju ke jenjang pernikahan, kalian butuh ta’arufan tapi bukan pacaran, karena ta’aruf adalah proses saling mengenal yang diajarkan Islam,” terangnya.

Acara keakraban muda-mudi ini dihadiri sekitar 150 peserta, terdiri dari muda-mudi PC LDII Kecamatan Jambi Selatan dan muda-mudi PC LDII Kecamatan Telanaipura. Untuk menambah keakraban, di akhir acara diadakan kegiatan bakar-bakar ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *