Tips Membaca Cepat Dan Efektif

Pernahkah Anda dikatakan orang sebagai orang yang “kurang piknik buku”? atau “kurang panjang napas logika”? Itu karena Anda kurang menggauli buku. Hal ini akan Anda dapat karena Anda jarang untuk mengatakan “tidak” membaca buku.
Kalau buku adalah jendela dunia, maka tidak menyentuh sama dengan tidak tahu apa-apa. Tidak tahu apa-apa dekat sekali dengan kebodohan. Dan kebodohan masuk dalam kelompok kemiskinan.
Masalahnya, tersebar begitu banyak buku yang terbit tiap harinya. Terlambat satu buku sama sajandengan terlambat beberapa informasi. Supaya Anda tidak terlambat, berikut ini akan disajikan tips-tips membaca cepat dan efektif.

  1. Konsentrasi.
    Banyak orang menganggap bahwa berkonsentrasi atau memusatkan perhatian pada suatu hal adalah pekerjaan berat dan sulit dilakukan. Apalagi orang berada di tengah himpitan pekerjaan dan kesibukan. Tak heran, perhatian orang sering lari tak karuan ke beberapa hal. Jika anggapan ini masih tetap dipertahankan, kemungkinan besar hasilnya tidak seberapa.
    Jika Anda membaca buku, tetapi pada saat yang sama Konsentrasi Anda terbang ke mana-mana, isi atau pesannya tak akan kuat melekat. Perlu diingat bahwa berkonsentrasi berarti memusatkan kesadaran. Untuk bisa memahami isi sebuah buku, Anda mesti bisa sadar pada apa yang Anda baca.
  2. Hasrat dan gairah.
    Untuk bisa tenggelam dan kemudian betah pada halaman-halaman buku. Anda harus punya hasrat dan gairah yang besar. Hasrat untuk memahami isinya dan gairah untuk meraup ilmu dan pengetahuan buku, Anda harus punya hasrat dan gairah yang besar. Hasrat untuk memahami isinya dan gairah untuk meraup ilmu dan pengetahuan.
    Tanpa kedua elemen kunci ini, Anda hanya akan membuang-buang waktu. Tanpa kedua sukma membaca ini, Anda tak ubahnya patung di tengah lautan kalimat, kata, huruf dan angka yang terbuka lebar. Hasrat dan gairah yang besar akan melecut semangat Anda untuk “menghabisi” isi buku dalam batas waktu tertentu.
  3. Menghilangkan suara batin.
    Anda pasti sering berhadapan dengan godaan dari dalam hati. Baru saja beberapa halaman Anda lewati, muncul suara batin yang menggoda Anda untuk mengalihkan perhatian ke hal-hal lain di luar buku atau tema yang sedang Anda hadapi.
    Suara batin seperti itu jelas menghambat gerak mata dan kecepatan pikiran Anda. Tak heran, Anda bisa menghabiskan satu atau dua jam di atas satu atau dua halaman buku.
    Supaya Anda tidak tergoda, apalagi terjebak, Anda harus bisa “menghilangkan” suara itu. Salah satu cara sederhana adalah meyakinkan diri bahwa sekarang adalah saat untuk membaca buku dan mengerti persoalan dan bukannya berkhayal. Usaha ini jelas tidak sekali jadi. Butuh keberanian yang besar, kehendak yang kuat dan latihan yang terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *